TINGGAL DI ASRAMA UI? GIMANA RASANYA?

Punya cita-cita pengen masuk Universitas Indonesia? Atau udah masuk UI tapi bingung mau kost/asrama? Pengen asrama, tapi ada yang bilang angker, ga enak tempatnya, sepi, dan hal buruk lainnya? Mending baca tulisan di bawah dulu, deh, baru kalian memutuskan! :3

Gue pribadi, saat ini menjalani semester 3, udah tinggal di asrama sejak semester 2. Nah, gimana sih rasanya tinggal di asrama? Apa aja kelebihan dan kekurangannya? Habis itu, baru deh kalian bisa pertimbangkan kelebihan dan kekurangan tersebut mana sih yang lebih banyak porsinya.

KELEBIHAN
1. Murah banget!
Di Asrama Mahasiswa Universitas Indonesia, kalian cukup dengan membayar biaya sewa sebesar Rp300,000/bulan. Murah banget, kan? Kalo berdasarkan tempat tinggal kost temen-temen gue, kost di kutek atau kukel itu paling murahhh banget sekitar 550-600k. Wah, dua kali lipatnya asrama tuh!

2. Satu kamar satu orang
Yup! Beda dengan asrama-asrama lain, kalo di sini, satu kamar, satu orang. Which is literally privacy banget geto loooh! (Tidak berlaku bagi kaum adam ya guys)

3. Punya kantin yang lumayan lengkap
Kantin asrama punya sekitar 4 warung makan (kayak warteg gitu modelnya prasmanan), ada jus, ayam geprek yang pedesnya naudzubillah dengan harga Rp13,000, bakso ada kalo malam di depan asrama, rujak muncul kalo sore hari di halte bikun. Btw, untuk harga perporsi kalian makan di warung makan asrama, muraaAaAh banget, gue biasanya makan cuma abis sekitar 7-8k doang!

4. Pulang jam berapa aja
Kalau orang denger, tinggal di asrama, ih pasti ketat, ada jam malem, blablabla. Hal-hal tersebut tidak berlaku di sini lol. Kalian mau pulang jam berapa aja, masih bisa masuk kamar kok! Kenapa kok dibolehin? Karena di sini rata-rata mahasiswanya aktif dalam berorganisasi, berkepanitiaan, dan kegiatan lainnya yang menyebabkan pulang larut malam. Gue pernah, baru pulang dari suatu acara, sekitar jam 2 pagi, dan masih boleh masuk hehehe.

5. Rame terus
Selain kalian bisa pulang malem, yang namanya kantin itu ga akan sepi. Pasti masih ada yang rapat, ngerjain tugas, kerja kelompok, nonton bola bareng, atau sekedar ngobrol-ngobrol. So, jangan takut guys karna di sini rame banget!

6. Halte pertama bis kuning
Asrama UI adalah tempat pertama dan terakhir bikun beroperasi. Artinya, kalau kalian nunggu bikun dari asrama, 90% pasti duduk sampai ke fakultas! Kalau kalian nunggu dari stasiun kayak stasiun UI atau stasiun pocin, kecil kemungkinan kalian bisa duduk dan pasti bakal dempet-dempetan huhuhu.

7. Ada beasiswanya
Beasiswa di Asrama UI agak berbeda dengan beasiswa-beasiswa pada umumnya. Kalau beasiswa pada umumnya memberi sejumlah uang, kalau di Asrama, beasiswanya berupa voucher makan 3x dalam semminggu (Senin, Rabu, dan Jumat) yang masing-masing berjumlah Rp13,000. Udah murah, berpeluang dapat beasiswa pulak. Siapa yang gamau coba?

8. Punya banyak teman dari luar fakultas
Tinggal di asrama, jangan apatis ya! Kenalan dong, sama sebelah kanan kiri, depan, serong. Kalo gitu, kan temennya jadi banyak! Apalagi, di asrama rata-rata dari luar Jabodetabek. Jadi kalian bisa banget punya temen selain dari luar fakultas, tapi dari luar pulau juga!

9. Ladang cari duit
Pengen punya penghasilan tambahan? Tapi udah sibuk banget jadi mahasiswa? Jualan aja di asrama! Pengalaman gue, gue ini hobi banget jualan piscok dengan modal chat di grup asrama, laku keras gengs! Bahkan, kadang udah abis masih aja ada yang nanyain  (lalu besoknya jualan dalam porsi yang lebih banyak hahaha). Lumayan buat jajan-jajan.

10. Titik kumpul paguyuban
Kamu anak daerah? Kuliah di UI? Pas banget tinggal di asrama! Menurut penulis, di asrama inilah titik kumpul paguyuban yang kece-kece abis!! Jadi, jangan takut ga punya temen sedaerah di sini. Bahkan, ga jarang gue denger, banyak yang berbincang menggunakan bahasa daerahnya masing-masing. Wahh, feels like home ya! Karena gue bukan anak daerah, jadi maaf ya ga bisa mengelaborasikannya dengan lebih luas lagi, hehe.

11. Ada kakak-kakak SR yang melayani sepenuh hati
SR tuh apa, sih? SR merupakan singkatan dari Senior Resident. Singkatnya, kakak-kakak SR inilah yang akan menjadi teman kalian selama kalian tinggal di asrama, kalo kalian punya keluhan, masalah, sakit, fasilitas yang rusak, atau sekedar mau curhatpun boleh banget ke SR! Mereka juga ramah banget guys, mengayomi sepenuh hatilah pokoknya hahaha. Luv u SR!

12. Sangat religius
Kadang, ada sholat maghrib berjamaah, baca Al-Kahfi bersama di waktu malam Jumat, takjil gratis untuk yang berpuasa sunnah, dan masih banyak lagi kegiatan religius lainnya yang dapat mengeratkan tali silaturahmi! (Berlaku bagi non-Muslim, yaa. Kalau ga salah ada juga kegiatan ngerayain natal bagi mahasiswa asrama yang beragama Kristen)

13. Angker?????
BIG NO!
Kalau ada yang bilang, asrama angker, menurut gue engga sih ya. Selama kurang lebih setahun gue tinggal di sini, belum dan insya Allah ga akan merasakan hal-hal aneh. Ke kamar mandi tengah malem, nyuci tengah malem, bilas maskeran tengah malem, ga ada yang aneh-aneh, tuh!

KEKURANGAN
1. Denda keterlambatan pembayaran 10%
Jangan telat bayaran asrama, guys! Telat satu bulan, kalian akan dikenakan denda sebesar 10%, yang berarti Rp30,000 sebulannya. Mending buat beli piscok ga si :3

2. Kamar mandi rame-rame
Salah satu kekurangan yang sangat gue rasakan adalah, kamar mandinya rame-rame. Apalagi di waktu-waktu hectic kayak jam 7 pagi, pasti sampe ngantri. Makanya, lebih baik mandi pas mau sholat subuh guys biar ga antri :p

3. Banyak kucing
Untuk kalian pecinta kucing, pasti suka karena banyak kucing ngegemesin di sini. Termasuk gue, pecinta kucing, suka banget ngasih makan si kucing-kucing ini. Udah akrab, si kucing sering masuk kamar gue. Saking seringnya, pas gue buru-buru mau kuliah, ga sadar ada si kucing di bawah kasur. Gue kunci. Gue tinggal. Sampe malem. Buka kamar, eh kok bau tai kucing. Doi eek di atas kasur w. Makasiloh.

4. Ukuran kamar kecil
Sesuai lah yaa sama harga yang ditawarkan. But, ga buruk-buruk banget kok! Ambil aja positifnya, beresinnya gak susah hehe.

5. Jatah tinggal cuma 2 tahun
Yang sangat gue sayangkan adalah ini... Jatah tinggal cuma 2 tahun tjui. Which means cuma sampe semester 4 doang. Otw semester 5-nya harus pindah ga di asrama lagi huhuhu (kecuali kalau kalian SR gedung). Yang gue dapet infonya lagi, kalo tetep mau di asrama, keluar dulu, nanti daftar lagi (karena kamarnya disediakan untuk maba dulu, kalo ada sisanya baru deh buat angkatan atas).

5. Lewatin hutan
Kalo pagi-pagi banget, dan malem-malem banget, ada kabut. Dan juga, dari asrama ke gerbang UI, agak jauh nih, jadi transport kalian yaa kalau gak bikun, motor (ojek, ojol, dll), mobil, dan kendaraan pribadi lainnya.

6. Ada maling
Ini nih yang jadi trending topic di gedung Asrama khususnya gedung cewe. Hati-hati kalau jemur baju, kerudung, celana, sepatu, yang bermerk atau terlihat bagus. Kadang ada yang suka malingin-_-

So guysss poin-poin di atas adalah kelebihan dan kekurangan versi Cipa. Kalau menurut kalian ini bukan kelebihan atau kekurangan, it's ok karena ini sifatnya opini hehe. Bisa banget dijadikan untuk pertimbangan kalian tinggal di asrama atau tidak dengan segala kelebihan dan kekurangan di atas. Terima kasih telah membaca! Semangat untuk kalian pejuang SBMPTN tahun 2019 yang pengen banget masuk UI! Sukses selaluuu!!



Comments

  1. Pengen chitchat bareng kakak Cipa. Bisa pc kemana ya? Soalnya aku ambis banget pengen jadi mahasiswi UI. Mau tanya tanya seputar UI. Terima kasih kakak kalau mau merespon(:

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo! kamu bisa menghubungi aku via instagram di @syifadymis ya! maaf baru bales^^

      Delete
  2. Kesengsem pengen masuk ui tapi baru kelas 11 😅

    ReplyDelete
  3. Semoga bisa masuk UI, bisa tinggal di asrama UI . Aamiin

    ReplyDelete
  4. Bismillah tahun depan 😄

    ReplyDelete
  5. Semoga bisa jadi maba di ui dan bisaa masuk asrama

    ReplyDelete
  6. Kak asrama boleh bawa motor gak sih?

    ReplyDelete
  7. Halo kak, Kenalin aku maba FIA UI. Izin tanya kak, pendaftaran asrama gimana ya caranya, fyi, aku masuk jalur simak UI

    ReplyDelete
  8. Ternyata kamar mandi nya, bukan kamar mandi dalam ya kak?

    ReplyDelete
  9. Apakah di asrama ui kita masih membayar uang listrik dan air. Jika adaa berapa/ bulan ya?

    ReplyDelete
  10. Saya mau info asrama kmn yah?krn saya mau u tuk adik saya yg oktober ini sdh mau tatap muka.mksh

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts