Anak Ekonomi Magang di Klinik Makara UI

halo gaes!! udah lama aku ga ngeblog lagi nih. sebenernya banyaaak banget kontern per-UI-an yang mau aku up di sini, tapi nunda-nunda terus dari semester 5, sampe sekarang udah semester 8 bentar lagi lulus hahaha.

nah, di blog kali ini aku mau ngebahas tentang pengalaman aku waktu magang di Klinik Satelit Makara UI nih guys. dari proses rekruitmen sampe selesai magang di sana. jadi, disimak baik-baik ya!

apa itu wiradha?

wiradha adalah program magang yang diberikan oleh UI kepada mahasiswa UI dan kontribusinya juga diberikan ke UI lagi. intinya seperti itu ges. yang bisa jadi wiradha ini adalah mahasiswa aktif kalau ga salah minimal semester 4. maksimal durasi menjadi wiradha adalah 2 periode, di mana satu periodenya selama 4 bulan (berarti maksimal 8 bulan jadi wiradha).

kalian bisa berkontribusi sebagai wiradha di banyak tempat, salah satunya di perpustakaan UI, rektorat, dan klinik makara. ini waktu jamanku, open reqruitmentnya di tiga tempat tersebut. aku milih di klinik, kenapa? karna aku orangnya seriiing banget sakit sewaktu kuliah offline.  dalam 1 minggu, pasti pernah ke klinik berobat, baik berobat secara fisik maupun mental. pokoknya obat-obatan dari klinik tuh numpuk ges di kamarku hehe. makanya, karna aku merasa klinik UI tuh udah berjasa banget buat aku, aku mau berkontribusi di klinik. istilahnya mah mau bales budi gitu hihihi. pokoknya cinta pisan sama klinik<3

open recruitment

ngirim cv ke email tertera, kalo lolos administrasi bakal dihubungin via wa. waktu aku dihubungi via wa buat interview langsung, asli seneng banget. tapi pas dateng…jengjeng banyak banget yang diinterview. mana dari fakultas kesehatan semua, yak an aku minder ya anak ekonomi sendiri. dari ratusan orang, yang lulus secara administrasi cuma 40an. dan dari 40 mahasiswa yang diinterview, yang lolos seleksi jadi wiradha 8 orang. qadarullah, aku dapet kesempatan emas itu. dan bisa cerita di sini untuk sharing ke kalian.

wawancara

sekali wawancara langsung masuk ke ruangan 5-7 orang kalo ga salah. diinterviewnya sebentarrrr banget. cuma ditanya alasan kalian mau magang di sini, kesibukan yang sedang dijalani, komitmennya, dll dll. terus tau gak sih pas ditanya motivasi, yang lain (dari jurusan kesehatan) jawabnya karna mau cari pengalaman sebagai mahasiswa kesehatan. terus aku teh bingung mau jawab apa tapi akhirnya aku jawab jujur…..karna dibayar dan saya termotivasi akan hal tersebut. wkwkwk terlalu jujur ya bund.

magangnya ngapain aja, sih?

magangnya gampang!!!! aaa jinjja kayanya semua orang bisa deh asal telaten dan konsisten! pertama masuk diajarin gimana cara menerima pasien, menghadapi pasien yang lebih tua dan status sosialnya lebih tinggi (kayak dosen), gimana cara menghadapi pasien yang marah-marah karna pasien penuh akhirnya ditutup padahal jam operasional masih berjalan. diajarin gimana cara ngangkat telfon yang baik, cara daftarin pasien ke dokter, cara bikini mahasiswa Kartu UI Sehat, dan lainnya. mostly tentang administrasi klinik sih, jadi ga begitu sulit. skill yang dibutuhkan adalah komunikasi yang baik dan ketangkasan dalam bekerja. karna yang sakit di UI tuh BANYAK BANGET. apalagi kalo jam sore (abis kuliah) itu pasien mahasiswa NUMPUK. jadi kita harus gerak cepet buat ngedaftarin sekaligus sabar kalo ada yang marah-marah karna lama nunggu dipanggil dokter (jujur ini sering banget yaoloh tekanan batheeeen).

selain administrasi, kita juga diarahkan ke bagian arsip di kantor klinik (lantai 3). di situ kita nginput data-data mahasiswa UI dari tahun 1998-an sampe 2016an buat dijadikan data digital (karna dulu itu bentuknya masih kertas). super banyak banget selemari. kadang nemuin artis yang kuliah di UI juga waktu lagi nginput hihihi.

cuan, cuan, dan cuan!

selain pengalaman, kalian juga dapet fee di sini. fee yang diberikan adalah 20k per jam. satu hari maksimal 8 jam. satu minggu maksimal 20 jam. satu bulan maksimal berapa jam yaa lupaL pokoknya waktu itu aku ngitung, dengan asumsi 1 bulan adalah 31 hari dan hari libur hanya di sabtu minggu, paling besar maksimalnya itu 2juta per bulan. LUMAYAN BANGET KAN BUAT MAHASISWA? jujur ges waktu itu aku berasa punya banyak duit banget selama jadi wiradha, sampe bisa beliin bapakku hp baru dan ibuku kulkas baru:”))

waktu itu, aku rata-rata dalam sebulan dapet gaji sekitar 1,5juta lebih. pokoknya seingetku ya sesedikitnya satu bulan aku dapet satu juta lebih lah, dan seringnya dapet 1,5-an. dah pokoknya mah cukup buat nyenengin orang tua hehe.

enaknya

of course, money. sejahtera banget hidupku karna gajimu klinik. tapiii, selain itu, aku dapet banget pergaulan kliniknya! aku jadi kenal sama mba santi sebagai pegawai administrasi di sana, aku jadi kenal beberapa dokter di sana kayak dokter riri, dokter fatimah. aku juga kenal sama hampir seluruh pegawai klinik yang super asik dan baik kayak mas tyo, mas ahmad, mas farris, kak Zahra, mas sona, mas ari, mas dhani, bu suri, bu nana, dan mba rensa (kalian kalo baca ini, dah pokoknya cipa masih sayang bgt sama kalian hihihi).

sejak magang di klinik, aku jadi aware banget sama kebersihan dan makanan. meskipun di sana pagi-pagi disuguhi gorengan, tapi mereka tetep mikirin pola hidup sehat jadinya ketuleran deh aku.

terus, aku juga merasa produktif banget di sela-sela waktu senggang kuliah. yang tadinya ga ada kegiatan, jadi bisa kerja di klinik. karna memang waktu kerja bagi wiradha itu sangat fleksible ges, jadi menyesuaikan sama jadwal kita dan jadwal temen-temen wiradha lainnya.

satu lagi!! aku jadi kenal dekettt sama temen-temen wiradha lainnya kayak rafif, koto, liana, ka dewi, syarif, ka vini yang beda jurusan bahkan beda program (ada yang dari ekstensi). bahkan aku masih deket sama beberapa dari mereka sampe sekarang. kayak tali silaturahminya tuh panjang, ga putus-putus. senyaman itu berteman sama mereka. jadi kangen huft.

ga enaknya

jyujyur, capeq.

pertama, absen ga bisa di klinik langsung. jadi kita harus ke rektorat dulu buat ngetap sidik jari. nah kalo udah, baru kita bisa kerja ke klinik. dengan kondisiku yang ga punya kendaraan pribadi dan hanya mengandalkan bikun, ini cukup menyulitkan sih. belum lagi kalo bikunnya penuh, sesek, bau ketek. jarak dari rektorat ke klinik pun gak deket. aku pernah coba pake otopet ke rektorat kan, terus batrenya abis di tengah jalan, mana waktu itu lagi ga ada bikun. jadi jalan kaki deh saya. gapapa. digaji.

udah kan kerja, abis kerja, absen lagi ges. kalo kelewatan ga absen, kita gak dapet gaji karna gak kerecord kita kerja berapa jam. jadi malem2 tuh jam 8 (klinik tutup) aku naik bikun dan jalan kaki sedikit buat ke rektoratnya (mana serem banget) untung ada rafif dan koto sih huhu kalo engga ga tau deh gimana buat absen pulang.

capeknya bukan hanya di absen aja. tapi kerjanya juga sist. kalo lagi rush hour kayak jam sore tuh mahasiswa udah pada ga ada kelas, rameee banget. pernah yaa lagi rame-ramenya, trs ada ada yang marah-marah karna nunggu kelamaan, ada lagi yang masuk ruang gawat darurat karna kecelakaan, duh lah pokoknya mah hectic parah. kita paling diuji kesabarannya kalo ngadepin pasien yang marah-marah…. pokoknya kita harus tetep ngalah dan senyum, meskipun dalem hati jengkel dan emosi banget mana udah malem, hanya ada sisa-sisa tenaga untuk menghadapi mereka.

yang bisa aku “bawa pulang” dari magang di sini

heum. banyak. banget.

pengalaman, uang, pertemanan, pengetahuan, manner, sopan santun, kebersihan, kesehatan. duh pokoknya banyak banget. magang di klinik ini ga cuma sekedar magang, tapi juga salah satu pengalaman paling berharga dan keputusan yang ga pernah aku sesali seumur hidup. aku sangat sangat sangat berterima kasih kepada mas mas yang udah ngasih kesempatan bagi Asyifa Putri Ramadhani jurusan Ilmu Ekonomi Islam ini untuk magang di klinik.

aku sebenernya ditolak ges. waktu aku lagi mengarsip surat-surat klinik, aku nemuin satu surat yang bikin aku jadi makin percaya bahwa rencana Allah itu indah. isi surat tersebut adalah surat yang menyatakan bahwa si A yang udah diterima sebagai wiradha klinik mengundurkan diri karna satu dan lain hal, dan digantiin sama aku. bayangin ges, dari kita-kita yang lagi sortir surat-surat klinik, kenapa itu surat bisa sampe ke tangan aku langsung. waktu itu bacanya langsung gemeteran, kayak bener-bener rencana Allah banget semuanya T-T

pesan untuk teman-teman ui

sekarang lagi pandemi dan kecil kemungkinan program wiradha dibuka. tapi nanti setelah kehidupan berjalan normal lagi, buat kalian mahasiswa aktif UI, jangan ragu untuk daftar wiradha ya! aku rekomendasikan Klinik Satelit UI dan rasakan pengalamannya yang tak terlupakan! cari aja di google “wiradha ui” nanti muncul deh penjelasan lebih lanjutnya. semangat!

pesan untuk teman-teman klinik

mas-mas, kakak-kakak, ibu-ibu, semuaaa semoga baik-baik aja ya di klinik!! mahasiswa UI butuh kalian! jaga kesehatan, jangan sampe sakit, maafin kita-kita mahasiswa yang suka ngedumel. semoga di lain kesempatan wiradha angkatan aku bisa diundang lagi sama klinik (buat acara atau project apa kek gitu huhu kangen tau). stay safe and stay health semuanya! saranghae<3


ngerayain ulang tahun klinik, senam pagi. btw, ini akhir maret. dan ini bener-bener hari terakhir bisa kumpul bareng karna abis itu Pemerintah ngumumin lockdown dan ga ada lagi kerumunan kayak sekolah, kuliah, kerja. bener-bener ga nyangka ini ngumpul terakhir

waktu kerja rodi buat mahasiswa baru. ngedata ribuan mahasiswa. ngomong ucapan yang sama sampe ratusan kali. capee banget tapi seneng<3

perpisahan:(

hari terakhir di klinik. ini mas dhani (kiri) sama mas ari (kanan). mereka satpam di klinik yang suka bantu di resepsionis juga. baikkkk2 bgt ya Allah kangen bgt mas huhuhu:(

ini jagoan-jagoan aku di klinik. sehat-sehat yaaa mas-masnya!!!


Comments

Popular Posts