Memperjuangkan SBMPTN 2017

Halo! Udah lama gue gak ngeblog lagi nih, hehe. Bosen kalo cerita tentang cinta mulu, itu ituuu lagi. Sekarang gue mau cerita tentang perjuangan gue ahh. Perjuangan melawan soal soal mematikan SBMPTN hahaha.

Tahun 2016 gue dinyatakan lulus SMA di SMAN 72 Jakarta. SMA yang penuh arti buat gue:')
Di tahun itulah gue ikut jalur undangan masuk perguruan tinggi negeri yang biasa disebut SNMPTN.
Gue milih Sastra Arab - Universitas Indonesia dan Sastra Indonesia - Universitas Indonesia.
Gue nekat. Kenapa? Nilai rapot gue bagus di pelajaran ekonomi, matematika, dan sosiologi. Tapi gue malah pilih sastra arab daripada ilmu ekonomi atau yang lainnya. Karna gue waktu itu cuma "bisa" ekonomi dan matematika, tapi gue "gak cinta" sama mereka. Yaa, gue cintanya sama sastra walaupun masih amatir, hehe.
Singkat cerita, jalur undangan ini gue dinyatakan tidak lulus, yaudah, masih ga sedih sedih amat lah yaa, toh masih ada SBMPTN.

Round 2.
Gue daftar SBMPTN (Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri) 2016. Di SBM pertama gue ini, gue tetep milih sastra dengan pilihan:
Sastra Indonesia - Universitas Indonesia
Sastra Arab - Universitas Indonesia
Ilmu Perpustakaan - Universitas Indonesia
Jujur, gue emang ngebet banget mau jadi anak UI. Dari kecil gue udah didoktrin bokap kalo gue harus masuk UI. Harus.
Jangan judge tentang pilihan jurusan gue, waktu itu gue cuma anak baru lulus SMA yang gak punya bekal apa apa tentang SBMPTN, gue gak konsultasi dengan siapapun tentang jurusan ini, dan yaa... Hasilnya gak lolos. Sedih? Iya. Yang ada dipikiran gue cuma... Pasti gue bakal kerja karna ga kuliah.

Round 3.
Gue masih berusaha, gue ikut SIMAK UI, UM PNJ, dan Vokasi IPB.
Semua gagal.
Kecuali PNJ.
Gue dinyatakan lulus sebagai mahasiswa baru PNJ dengan jurusan Jurnalistik D3.
Tapi kesempatan itu gak gue ambil, karna masalah keluarga yang waktu itu gak bisa gue hindari.

Gue gak boleh sedih. Gue harus tetep hidup. Perjalanan gue masih panjang.
Pada akhirnya, gue memutuskan untuk ikut bimbel khsus alumni di daerah sekitar UI, dan gue belajar lagi selama setahun:")
Semangat yang ada di dalam tubuh gue membara. Gue masih punya kesempatan. Gue harus belajar. Gue harus giat. Gue harus bisa lolos tahun depan.

Dan, kawan,
Di sinilah,
Perjuangan gue,
Dimulai...

Delapan bulan gue bimbel. Selama delapan bulan itulah gue berjuang. Berjuang yang gue maksud di sini bukanlah hanya sekedar belajar. Tapi keluar banyak uang, keluar banyak ongkos, keluar banyak tenaga, waktu tidur gue pun berkurang.
Dalam keadaan finansial, jujur aja, gak mulus.
Seringkali gue menghadapi yang namanya kekurangan ongkos. Dari rumah, gue naik kereta commuter line yang disambung dengan angkot. Begitu juga dengan pulangnya.
Gue dikasih uang sama nyokap cuma 10k perhari buat ongkos bimbel.
Dengan uang segitu, jujur aja, nutup ongkos pun gak cukup.
Akhirnya gue dapet info dari temen, kalo kita bisa naik bikun (bis kuning UI) dari stasiun ui ke jembatan deket tempat bimbel gue.
Naik bikun gratis, jadi lumayan bisa saving uang angkot gue, hehe.
Setiap kali gue naik bikun, gue selalu berdoa, "YaAllah, semoga Syifa bisa naik bikun ini dengan tujuan ke salahsatu fakultas yang ada di universitas ini... "
Gak jarang pula gue kelaperan... Kelaperan karna uang cuma cukup buat ongkos. Di saat temen temen gue ngajak hangout, ngajak makan di luar, ngajak nonton, gue cuma bisa nolak. Jarang banget gue hangout selama delapan bulan itu.
Sebulan terakhir bimbel, ada program namanya kelas intensif, yang berarti kita harus sudah di tempat bimbel jam 7 pagi, seminggu cuma libur di hari jumat.
Kalian tau rasanya naik kereta jam 6 pagi? Desek-desekkan sama orang yang berangkat kerja. Gue yang punya sakit asma cuma bisa berdoa semoga sesek nafas gue gak parah.
Gue pulang jam 5 sore, di jam itulah orang-orang pulang kerja. Dan gue desek-desekan (lagi). Selama sebulan, gue ngerasain perjuangan yang luar biasa hanya untuk mencapai tempat tujuan bimbel.
Di tempat bimbel gue ini, alhamdulillah, nilai agama gue jadi bertambah. Mungkin emang karna lingkungan bimbel gue yang Islami semua jadi gue kebawa deh.
Lulus SBMPTN bukan cuma perihal belajar, tapi juga berdoa, yang disertai restu orangtua. Kalo yang berdoa cuma lo doang mah gak bakal cukup, minta doa sama seluruh keluarga, dan yang paling mustajab itu ialah doa ibu. Percaya deh.

Temen-temen gue banyak yang nanya,
"cip, kuliah di mana sekarang?"
Gue cuma bisa jawab, "masih ngejar UI, hehe"
Banyak yang ngecilin gue, yang ga percaya akan potensi gue, yang menghujat gue, yaa banyak lah yang bikin gue ngedown. Katanya, mendingan kerja nyari duit daripada kuliah buang buang duit. Itu kan, kata lo, bukan kata gue. Hehe.
Gue gak patah semangat. Walaupun banyak yang bilang "ngapain belajar lagi setahun? Capek-capekin aja"
Buat gue, lebih baik mundur selangkah, maju seribu langkah. Betul?

Skip.

Gak kerasa tibatiba sebentar lagi udah mau SBMPTN 2017. Setelah gue ikut bimbel dan sering konsultasi dengan guru berpengalaman, gue memutuskan jurusan gue fixnya adalah..
Ilmu Ekonomi Islam - Universitas Indonesia
Ilmu Perpustakaan - Universitas Indonesia
Sastra Indonesia - Universitas Indonesia

Sehari sebelum SBMTPN, gue survey ke tempat. Tempat test gue dapet di UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat. Jauh. Banget. Pas survey, gue dan nyokap gue puasa sunnah, biar dilancarkan segala urusan gue menyangkut SBMPTN.
Gue naik kereta, transit, puasa, siang bolong... Rasanya gak kuat, mau buka aja lagian puasa sunnah ini ga wajib, tapi gue nahan diri. Gue harus bisa.
Setelah gue menghipotesis perjalanan dari rumah gue yang letaknya di Citayam, dengan lokasi test gue yang letaknya di Ciputat, perjalanan dua jam.
SBMPTN mulai jam 09.45, gue jalan dari rumah setelah sholat subuh. Jam 05.10 gue udah di stasiun Citayam.
Alhamdulillah perjalanan gue lancar, gue sampai di tempat test lebih awal satu setengah jam. Gue laper. Tapi uang gue gak cukup buat beli makan. Gue cuma dikasih ongkos 50k buat dua hari (survey dan hari H). Tapi alangkah baiknya temen gue, dia bawain gue bekel. Gue kenyang dan berterimakasih banget sama dia:')
Sebelum ujian dimulai, gue sholat dhuha 4 rakaat. Gue berdoa. Memohon. YaAllah, berikan Syifa yang terbaik, dan jadikanlah UI yang terbaik untuk Syifa, jadikanlah Syifa satu di antara 31 orang yang lulus ekonomi islam UI.

09.45
Ujian dimulai.
Ujian pertama adalah TKPA (Tes Kemampuan Potensi Akademik)
yang berisi soal psikotes, matematika, bahasa indonesia, dan bahasa inggris.
Kelemahan gue ada di dua pelajaran. Matematika dan Bahasa Inggris. Gue cuma jawab dua jawaban di masing masing pelajaran yang tidak gue senangi itu (walaupun dua jawaban doang, insyaAllah jawabannya benar).
Lanjut jam 13.00 adalah TKD SOSHUM.
Berisi Sejarah, Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi.
Gue buka lembar pertama. Alhamdulillah. Gampang.
Lembar kedua, ketiga, keempat, lembar terakhir...
Gue bolak balik soal tersebut sambil bertanya dalam hati, "ini soal sbmptn? Katanya susah?"
Entah Allah lagi ngasih gue kesempatan emas atau apa, ternyata soal yang gue dapet adalah soal yang mudah. Gue isi banyak jawaban. Alhamdulillah.

Ujian selesai.

Gue pulang. Tapi ongkos gue gak cukup. Perjalanan jauh. Gue gatau harus gimana. Untungnya (lagi) temen gue yang tadi ngasih bekelnya ke gue, dia, ngasih gue ongkos pulang sebesar 20k. Itu sangat berarti banget buat gue pulang selamat sampai rumah. Sekali lagi, makasih buat semuanya, Yu :')

Waktunya pembahasan soal.
Semua temen bimbel gue ngumpul di tempat bimbel buat ngebahas soal sbm, dan alangkah terkejutnya gue saat gue tau soal sbm temen temen gue susah. Susah. Gue pun gak bisa jawab banyak kalo dapet soal itu.
Saat dikoreksi (betul poin 4, salah -1), ternyata skor gue adalah
Sejarah 23
Geografi 22
Sosiologi 42
Ekonomi 47
(gak koreksi soal tkpa karna soal tkpa tidak dikembalikan)
Gue sangat amat bersyukur kalau skor gue emang beneran segitu. Tapi gue gak boleh seneng dulu, masih ada waktu sebulan tersisa sampai pengumuman tiba.
Sebulan tersisa itu kan, udah harusnya berserah diri kepada Allah, kita udah berusaha, sekarang tinggal berdoa.
Pagi siang sore malem selalu gue memohon semoga UI adalah yang terbaik buat gue, karna dengan inilah gue bisa mengangkat derajat orangtua gue yang selalu diremehkan orang sekitar.

H-7 gue degdegan.
H-1 makin degdegan.
Hari H jantung gue copot.
Gue buka web SBMPTN dengan modal Bismillah...
Dan waktu gue berhasil login dengan no peserta,
Di sana tertulis....
Nama gue,
dengan awalan "Selamat Anda dinyatakan lulus.... Ilmu Ekonomi Islam - Universitas Indonesia"
Gue langsung teriak "ALHAMDULILLAH" sambil meluk nyokap, dan gue nangis berdua sama nyokap. Katanya dia bangga sama perjuangan gue.

Dan, ya, inilah cerita singkat gue yang mungkin bisa bikin kalian semangat lagi buat ngikutin SBMPTN hingga titik darah penghabisan. Jangan pernah patah semangat! Kalau gagal, ya coba lagi! Masih banyak jalan menuju Roma.

Buat yang Muslim, jangan pernah tinggalin sholat 5 waktunya, jangan pernah putus doanya, jangan pernah ngelawan orangtua, jangan absen dhuha dan tahajudnya.
Satu lagi, jangan lupa banyak sedekah buat yang membutuhkan :)

Semua itu butuh DUIT
Doa
Usaha
Ikhtiar
Tawakal

"Memang kuliah atau universitas itu ngebuat kita sukses?
Gue rasa nggak kok.
Salah banget orang yg bilang iya.
Universitas ituu hanyalah sebagai jembatan kalian saja untuk menggapai kesuksesan.
Yang ngebuat sukses ya pribadi masing2 lah.
Universitasnya bagus, tetapi pribadinya buruk. Gimna mau sukses tuh.
Melainkan, kalau pribadi bagus dibawa kemana aja ya bakal bagus juga ujungnya, apalagi dibawa ke Univ yg bagus. Licin kayak jalan tol tuh mau sukses hehe"
-Wendy Apriliyanto, Ilmu Hukum - UI, SBMPTN 2017

Yang mau tau soal gue kayak gimana, bisa diliat di link google drive di bawah ini yaa! Udah sama jawaban yang benernya kok! Semoga bermanfaat.

SOAL SBMPTN KODE 326 TAHUN 2017


Comments

  1. Kak klo boleh tau kakak ngerjain soal TPA dan TKD brpa soal?? Btw Blog yang sangat menginspirasi:) makasih kak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts