Pengalaman Daftar Ulang dan Cek Kesehatan Universitas Indonesia

Setelah liat pengumuman kalau gue lulus di UI, harus ngapain lagi, nih?
Ternyata banyak banget berkas-berkas yang harus dikumpulkan. Ijazah/SKL, akta kelahiran, kartu SBM, dan kawan-kawannya.
Untuk biaya pendidikan, UI menyesuaikan dengan kondisi keuangan keluarga kita. Ada BOP-Berkeadilan dan BOP-Pilihan.
Ada tiga cara pembayaran: lunas, cicil, dan mengajukan pertanyaan (banding jika biaya yang ditetapkan belum sesuai dengan kemampuan kita).
Gue pengen cerita tentang pengalaman gue daftar ulang dan cek kesehatan.
Daftar ulang FEB tepat pada Selasa, 25 Juli 2017 dan cek kesehatan Rabu, 26 Juli 2017

Daftar Ulang
Dimulai jam 12:00-16:00, tapi jam-jam pagi aja udah banyak yang ngantri. Buat yang FEB, kalau udah ditetapkan jam 12, yaudah datengnya jam 12 aja. Jangan kepagian, karna percuma kalian nanti belom boleh masuk. Toh gue yang dateng jam 12:30 aja cepet kok prosesnya.
Tempatnya itu di Balairung UI, gue masuk lewat pintu selatan (katanya pintu utara rame banget). Nunggunya ya lumayan lama, sambil nunggu gue udah nyiapin korean movie untuk gue tonton selama jam-jam gabut.
Di dalem, kalian nanti disuruh rekam sidik jari, dikasih arahan tentang Kamaba (kegiatan mahasiswa baru), dan lain-lain.
Setelah itu ada welmab, di acara welmab ini, kita, mahasiswa baru disuruh ngikutin kakak-kakak yang ngasih arahan. Ada tiga stand yang harus kita datengin berturut turut. Pertama stand OKK, kedua stand keagamaan, dan ketiga stand fakultas.
Ohiya, di stand OKK nanti kalian disuruh beli merch OKK UI, sebenernya ga wajib sih, tapi lumayan buat kenang-kenangan, kapan lagi ya kan.
By the way, gue bawa tas berat banget asli. Isinya bekel dua kotak, jas hujan, mukenah, air 1.5 L, dan perlengkapan lainnya. Fyi, itu semua ga terlalu dibutuhin kok, kalo kehujanan ga akan keujanan, toh kita kan nunggunya di dalem gedung. Bekal makanan? Percuma kalian bawa karna ga bisa dimakan di dalam gedung, kalau mau, tunggu daftar ulang selesai, dan makan di sekitar sana. Air 1.5 L disuruh bawa untuk air wudhu, kenyataannya di tempat sholat ada keran yang bisa dipakai untuk wudhu.
Jangan lupa siapin uang 15k buat beli emblem fakultas yang cuma kalian bisa beli waktu daftar ulang.
Di daftar ulang ini, rasa capek kalian nunggu seharian akan terbayarkan oleh KTM (kartu tanda mahasiswa) yang akan diberikan oleh petugas.
Kira-kira gue selesai jam 17:00

Cek Kesehatan
Jadwalnya jam 08:00-16:00, tapi gue baru dateng jam 11:00. Di depan gak ngantri, tapi pas di dalem rame bener. Jadi abis kalian ngantri, kalian harus ngantri lagi.
Tempatnya bernama Klinik Satelit UI Makara, kalau naik bikun (bis kuning) turun di Fakultas Teknik.
Saat nomor antrian gue disebut sama kating, gue agak deg-degan (karna tau bakal disuntik). Pas masuk, kita antri lagi buat periksa gigi, tinggi dan berat badan, ambil darah, dan tes fisik. Ambil darahnya sebentar kok, sakitnya juga cuma kayak digigit semut, jadi gausah lebay ya kawan-kawan. Di ruang tes fisik, kalian ditanya ada penyakit atau engga. Berhubung gue punya asma, gue dikasih kartu batas aktifitas fisik. Kartu ini harus gue pakai selama mengikuti kegiatan mahasiswa baru di UI. Kalau kalian ada masalah yang mengganggu ketenangan kalian dalam berpikir, kalian diminta untuk ke ruangan psikologis. Gue adalah salah satu dari orang yang ngantri di ruangan itu. Di sana, gue cerita tentang kehidupan gue yang ga bisa gue ceritain ke siapa pun. Dan ternyata banyak juga yang ngantri buat konsul psikologis. Abis ituu, udah selesai, deh. Udah selesai semua dan gue dapet kertas tanda bahwa gue sudah melewati tahap pemeriksaan kesehatan. Kertas ini harus disimpan dengan baik karena kertas inilah yang akan ditukarkan dengan Jaket Kuning. Check out, pulang, kelar. Tidur di rumah. Siap-siap buat ngerjain tugas OKK, OPK, dan sebagainya. By the way, di angkatan gue banyak yang pindah hari cek kesehatan dan itu dikenakan biaya. Jadi buat kalian yang mau menentukan jadwal cek kesehatan diperhatikan dengan baik ya, disarankan untuk berbeda dengan hari daftar ulang karena cek kesehatan dan daftar ulang itu ngantrinya lama banget!

Sekian pengalaman gue daftar ulang dan cekkes di UI. Buat kalian, pejuang UI 2018 gue saranin banyak-banyak kenalan, ya. Sok SKSD aja. Biar kalian gak bingung, gak kelabakan, dan gak keder buat daftar ulang, cekkes, maupun tugas-tugas mendatang.
Terima kasih sudah membaca, selamat berjuang!




Comments

Popular Posts