Pengalaman OKK UI 2017

Universitas Indonesia mempunyai kegiatan ospek kampus yang bernama OKK. Nah, post gue kali ini mau ceritain tentang pengalaman OKK gue yang berlangsung selama dua hari dan serunya kelompok gue di hari-hari pra OKK.

185 - Singhapura 09
Adalah nama kelompok OKK gue. Kita dibimbing sama mentor yang sholeh dan sholehah, Kak Arie dan Kak Rifa. Kak Arie dari FEB dan Kak Rifa dari Vokasi.
Kak Arie itu orangnya soleh banget, tepat waktu buat sholat, dan kalau ngomong halus sehalus-halusnya laki-laki.

Nah, gue mau kenalin kalian dulu nih sama temen-temen kelompok OKK terdeket gue.
Adisti, dia ini perempuan dari Fakultas Ilmu Keperawatan. Bener-bener udah kayak perawat, kayak emak kita, care banget dia sama gue apalagi kalo gue udah mulai sakit.
Kalau gue ngantuk, dia menyiapkan pahanya buat dijadiin bantal dan itu nyenyak banget hahaha. Kalau gue aus, dia beliin gue minum. Kalau gue sakit, dia yang berusaha buat nenangin gue dan nyemangatin terus. Pokoknya dia peduli banget, sayangnya gue belum punya temen kayak dia di FEB huhuhu.
Moira, hal yang gue pikirkan saat pertama kali melihat Moi adalah dia merupakan orang yang sombong. Tapi ternyata engga. Moi orangnya baik banget, peduli sama gue juga, sering ngecengin gue sama Michael hahaha. Moi dapet kedokteran UI melalui jalur SBM, asalnya dari SMA Jubilee. Anaknya pinter banget asli coy, sampe-sampe dia gatau Kunto Aji itu siapa. Katanya, sih, dia kebanyakan belajar makanya kurang tahu-menahu tentang Indonesia.
Haekal merupakan satu dari lima cowok yang berada di fakultas ilmu keperawatan. Anaknya islami, tapi kocak juga. Suaranya cempreng apalagi kalo teriak kayak melengking gitu wkwkwk.
Fadhil, dia anak teknik perkapalan. Cuma dia doang yang ngomongnya masih pake saya-anda. Awalnya, gue kira dia orangnya kurang bisa beradaptasi, gue kira juga dia non-Islam karena mukanya lebih ke batak. Ternyataaa agamis bangey cuy.
Nah, yang terakhir biasanya yang terbaik nih... Namanya Michael Surya Arifin. Dia fix paling ganteng di kelompok ini:( Michael itu anaknya pendiem di awal. Pendiem banget, ga pernah ngomong. Ngomong kalo disuruh doang. Pasif. Banget. Karena gue geregetan sama anak ini dan ga tahan banget liat tingkahnya, jadi gue selalu ngegodain dia dengan segala gombal ala-ala Cipa hahaha. Lama kelamaan, sifat aslinya dia keluar deh. Tingkah konyolnya dan perhatiannya juga muncul waktu kita PCK, parade, dan kegiatan OKK lainnya. Dia pernah tidur sambil berdiri. Hebat kan. Pokoknya mah dah debest Michael ini lah terus di hati♥️

Tugas OKK itu ga banyak, kok. Seinget gue sih yaa cuma isi borang, bikin name tag, bikin video, wawancara, dan tugas-tugas biasa lainnya. Gue ngerasa mulai akrab sama kelompok ini waktu Program Cinta Kampus. Di hari itu, gue bawa 16 pasang sarung tangan yang gue bela-belain beli di malam hari hanya untuk teman-teman sekelompok gue. Ternyata Wulan udah beliin duluan. Gue sempet bingung dan pasrah karena itu sarung tangan gue beli pake duit jajan sendiri. Alangkah baiknya Adisti ngepromosiin sampe stock cuma sisa satu pasang doang. Emang terbaik lah emak ini jago banget bisnis. Lanjut, kita ke arah hutan-hutan gitu. Di sana.... Gabut. Gabut banget cuma ngeliatin cara mematikan api yang berkobar. Kalo api cinta mah ga bisa dimatiin, ya gak, Chel? *eh
Michael, Fadhil, dan Haekal peduli banget sama ciwi-ciwi yang takut kena panas. Mereka ngalah nyodorin bahkan megangin payung buat kita si cewe-cewe rempong. Sweet banget gak sih omg.
Setelah hari PCK yang tidak berfaedah itu, ada yang paling ditunggu-tunggu, hari puncak OKK.
Puncak OKK berlangsung selama dua hari berturut-turut. Di hari pertama, penyakit gue kambuh yang menyebabkan gue pisah dari kelompok dan berbaring di kelompok anak yang sakit semua:')
Acara OKK itu keren banget, ada Ibu Risma selaku walikota Surabaya, Ibu Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan RI, ada Menteri Kesehatan, Menteri Pertahanan, Kunto Aji, dan lain sebagainya.
Yang seru menurut gue pribadi sih waktu parade. Karna di sana gua akrab gitu deh sama Michael hahaha najis genit banget ewh. Paradenya kita pakai slayer merah yang dikenakan di kepala serta sarung. Kocak adalah waktu Haekal make sarungnya kayak orang mau sholat:') Michael dengan muka polosnya dia bengong, ngeliat ke atas, plenga plengo, diem. Ga ngerti lagi gue. Parade dimulai. Banyak yang sakit di tengah jalan. Gue juga ngerasa capek, sih. Tapi gue ga mau pisah dari kelompok ini because gue udah pernah ngerasain pisah dari kelompok dan itu ga enak banget rasanya:(
Selesai parade, gue pucet (katanya) terus Adisti di sini berperan sebagai emak pengganti gue selama kegiatan OKK berlangsung. Dia ngebeliin gue minuman dan nyuruh gue buat cepet minum biat ga kehausan lagi:')
Gua ga ngerti sama alur tulisan gue, ini gak kronologis banget tapi bodo amat yang penting ada di blog gue, deh.
Ada satu anggota kelompok 185 namanya Nararya. Dia cowok super alim yang sholatnya selalu tepat waktu walaupun lagi di tukang bakso pun. Mungkin sholat gue ga akan tepat waktu kalo engga ada dia.
Sambil mengingat-ingat ulang kejadian OKK sekitar dua minggu lalu, gue inget ketika selesai PCK, kita (gue, Moi, Disti) duduk di dalem balairung seperti biasa mendengarkan pembicara memberi materi. Gue ngantuk banget dan Disti nyuruh gue tidur di pahanya. Nyenyak banget. Asli. Kayak tidur di kamar Aladdin.
Dan yang lucu itu waktu bagian Bu Sri Mulyani yang ngomong, kita semua kelaperan. Tapi ada beberapa dari kita yang ngga bawa bekel. Akhirnya kita suap-suapinan (lebih tepatnya Disti yang nyuapin, kita mangap doang) sampe udah pada kenyang semua. Saat Kunto Aji keluar, sebagai surprise dari panitia OKK, gue dan Ann semangat banget buat maju dan nyanyi ala-ala konser.
Di hari terakhir OKK, angkatan 2017 ngebuat sebuah dinamika angkatan yang bertuliskan "Jiwa Raga Kami" yang diambil dari lirik lagu Padamu Negeri. Setelah pembuatan dinamika angkatan (gue sakit, jadi ga ikut) kita berkumpul di deket rektorat. Waktu itu adalah kumpul terakhir kelompok OKK. Jujur, sedih banget. Rasanya mau nangis tapi malu. Sedih karena gue merasa lebih akrab sama kelompok OKK yang rata-rata anak sains (yang katanya individualis) daripada sama kelompok OPK gue yang isinya anak ekonomi semua. Gue juga udah merasa akrab sama Kak Rifa dan Kak Arie. Ga bakal gue lupain moment ketika gue gak nyapa Kak Rifa di bikun karena lupa dia yang mana mukanya (sumpah, ini efek letih). Kak Arie juga... ah jangan dijelasin nanti jadi baper:(

Buat yang bilang OKK ga ada manfaatnya, bohong. OKK banyak banget manfaatnya, dari kalian bisa mengenal UI sampai kalian bisa kenal sama teman beda fakultas. Kalau jadi maba UI, ikut aja OKKnya. Sekali setahun. Lebih baik menyesal ikut daripada menyesal tidak ikut.
Bhay! Love you 09 Singhapura!!!!






Comments

Popular Posts