BERTAHAN HIDUP DI FEB UI

Setelah melewati masa-masa ospek yang melelahkan, ternyata ada yang lebih melelahkan. Kuliah.
Sebagai mahasiswa baru, yang masih bangga bangganya memakai jaket kuning, masih merasakan euphoria sebagai anak UI, gue ga nyangka kalo kuliah seberat itu.
Hari-hari pertama kuliah terasa sangat berat. Mungkin faktor karena gue terlalu santai di SMA sehingga merasa ga pernah belajar tentang hal ini atau itu. Gue ga ngerti kenapa gue bisa jadi juara satu di kelas bahkan di tiga kelas. Saat gue merasa terpintar di sekolah, ternyata gue terbego di UI.
Gue kaget. Belajar menggunakan buku pengantar dan power point bahasa Inggris. Gue ini bego bahasa Inggris, malah disuruh belajar pake bahasa Inggris. Bahkan, ada satu matkul (Pengantar Ekonomi) yang belajarnya full english dari dosen menjelaskan hingga menulis jawaban UTS.
Jadi, di FEB UI mewajibkan mahasiswanya untuk ambil SKS bahasa Inggris sesuai dengan jurusannya. Kalo gue, Ilmu Ekonomi Islam, 15 SKS bahasa Inggris. Jika satu matkul memiliki 3 SKS (pada umumnya) itu berarti harus ada 5 matkul yang menggunakan bahasa Inggris sampe gue lulus nanti.
Gila.
Awal kuliah tuh sumpah, gue merasa mau pindah fakultas. Malah, gue sempet berpikir mau kerja aja (enggak, ini pikiran bodoh).
Di saat pikiran jelek dan demot datang... Gue banyakin ibadah. Gue deketin Allah. Gue curhat. Gue ngadu kalo gue ga sanggup. Di saat itulah gue berpikir kembali, "apa tujuan gue ke sini?" "buat apa gue berjuang setahun?" "inget pengorbanan nyokap yang udah mpot-mpotan bimbelin gue"
Yap. Dari sanalah gue berusaha. Gue berjuang. Gue survive.
Gak gampang.
Dengan kemampuan gue yang seadanya, gue ngejar-ngejar semua temen-temen gue yang pinter. Gue minta ajarin sana-sini. Berhubung gue gak begitu dekat dengan temen kelompok ospek, akhirnya gue mencari peer group baru.
Susah. Banget.
Bahkan, sampe sekarang gue belum menemukan jati diri gue, gue belum menemukan temen terbaik gue sebagaimana halnya seperti di NF atau di Kodamar.
Beban gue gak cuma di kampus. Di rumah juga. Berbagai masalah keluarga yang dateng ternyata harus gue tanggung juga. Gue pusing. Gue... Sempet mikir mau bunuh diri.
Tapi setelahnya gue inget tujuan awal gue. Gue bisa bikin keluarga gue lebih baik lagi.
Gue ini orang yang gampang goyah agamanya, gampang putus imannya, gampang kebawa arusnya. Jadi, buat yang merasa dekat dengan gue, tolong, bawa gue ke jalan yang benar.
Pergi pagi pulang malem. Kerjaan gue di rumah cuma tidur dan mandi. Gue menghabiskan hampir 80% waktu gue di luar untuk belajar, kepanitiaan, kerja kelompok, dan lain-lain.
Bolak-balik ke PSB (perpustakaan di FEB UI) buat belajar, muter-muter kosan temen buat cari pinjeman laptop, naik-turun bikun dari fe ke perpus. Akhirnya gue jarang makan, pulang malem, kadang nyampe langsung tidur (masih dalam menggunakan kerudung, kacamata, jam tangan).
Ngerasa capek banget :')
Tapi saat UTS berlangsung, Alhamdulillah. Gue merasa apa yang gue pelajari keluar semua. Gue merasa belajar gue ga sia-sia. Sekarang gue tinggal nunggu aja hasilnya gimana. Dan gue harus survive untuk UAS nanti.
Hufffftt segitu aja cerita dari gue. Ini cerita bukan untuk menyombongkan diri dan menunjukkan bahwa gue adalah orang yang giat belajar. Bukan. Gue cuma mau berbagi cerita gue doang. Kalo gak cerita gue takut gila nanti hehe.
Pokoknya pesen dari gue, kalo kalian merasa ga kuat dengan masalah yang besar, inget, kalian punya Tuhan yang besar :)

Regrads, mahasiswa baru fe ui 2017
yang berusaha beradaptasi.

Comments

Popular Posts