Kuliah di Jurusan Ilmu Ekonomi Islam – Universitas Indonesia

Assalamualaikum! Oke gais, saya melewatkan 4 semester. Jadi mon maap ni baru ngeblog lagi, huehehe.

Kali ini gue mau bahas hal yang melekat banget di kehidupan gue sebagai mahasiswa. Untuk kalian yang belum tau, gue ini salah satu mahasiswa Ilmu Ekonomi Islam di Universitas Indonesia angkatan 2017 (berarti sekarang lagi semester 7),

Terus, tujuan bikin blog ini apa, Cip?

Yaa, ketika gue ditanya kuliah di mana dengan jurusan apa, masih banyak yang belum tau kalau di UI itu ada loh jurusan IEI. Yup, pada tahun 2013 FEUI membuka prodi baru, yaitu Ilmu Ekonomi Islam dan Bisnis Islam.

Daaan, gue mau bahas satu persatu pertanyaan yang sering melanda gue sebagai mahasiswa IEI.

Kenapa pilih Ilmu Ekonomi Islam?

Seperti di blog-blog sebelumnya, gue pernah bilang bahwa cita-cita gue dulu adanya di FIB UI, jurusan Sastra Indo, Ilmu Sejarah, Ilmu Perpus, dll. Tapi, H-2 minggu nyokap minta satu permintaan ke gue, yaitu kuliah di FEB UI. Jadi, kalo ditanya “kenapa?” jawaban gue pure karna ngikutin kemauan orang tua. TERNYATA GAES keinginan orang tua emang daebak bener. Gue belajar yang namanya ekonomi islam istilahnya tuh kayak ngebuka mata banget. Kalian di sini akan belajar perbandingannya antara Ilmu Ekonomi yang konvensional dengan syariah, kalian akan tau kenapa riba diharamkan dengan segala maqashid-maqashidnya, kalian akan tau kenapa teori-teori ekonomi islam bisa lebih mensejahterakan, dan ini semua secara tidak langsung pasti akan kalian praktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh kecilnya nih, ya, dulu gue kalo beli barang selalu berlebihan dan gue tau kalo gue ga butuh barang ini, cuma laper mata doang. Nah, sekarang gue kalo mau beli barang selalu mikir, ni barang ada maslahat (kebaikan)nya ga ya buat kehidupan gue? Kalo gue ga beli ini, bikin hidup gue kesulitan apa engga ya? Dan masih banyak contoh-contoh lainnya gaes.

Namanya aja udah Islam, berarti harus belajar agama banget ya?

NO, GUYS INI BUKAN PESANTREN. Di IEI ini emang belajar yang namanya Fiqih dan matkul-matkul lainnya yang berhubungan dengan agama Islam. Tapi, tenang aja, kita belajar di bagian ekonominya, kok! Jangan takut ga bisa ngikutin pelajarannya, di FEB UI itu ada yang namanya kelas Asisten Dosen. Nah, di kelas ini kita dibantu belajar beberapa mata kuliah oleh kakak tingkat. Kelas tambahan ini sifatnya memang gak sewajib kelas dosen, sih, tapi percaya lah guys ini sangat membantu dalam pembelajaran!

Terus, pelajarannya apa aja?

Di semester 1 dan 2 masih belajar yang konvensionalnya, kayak Pengantar Akuntansi, Pengantar Ekonomi, Matematika Ekonomi dan Bisnis, dll. Semester 3, baru tuh mulai masuk ke matkul syariahnya, kayak Fiqh Muamalah, Ushul Fiqh, Bahasa Arab (btw ini 0 sks wkwk), Sejarah Peradaban Pemikiran Ekonomi Islam, Fiqh Riba Gharar, Mikroekonomi Islam, dan banyaqqq (nanti akan gue lampirkan matkul-matkul apa aja yang diambil oleh mahasiswa IEI). Memang di matkul-matkul ini ada beberapa ayat Al-Qur’an yang sering dikeluarkan, kayak Al-Baqarah:275, Al-Maidah:90, Al-Hasyr:7. Ada yang membahas tentang ekonomi, ada yang membahas tentang pelarangan judi, mabuk, dll. Tuh, jadi sering buka Al-Qur’an kan jadinya, hehe. Buku yang wajib banget dimiliki sama mahasiswa IEI-BI tuh bukunya Pak Adiwarman Karim, judulnya Riba, Gharar, dan Kaidah-Kaidah Ekonomi Syariah. Mantep bener dah tuh buku, bahasanya mudah dipahami, ga berat juga, wkwkwk.

Di semester-semester lainnya bakal lebih banyak lagi dapet matkul islam, kayak Makroekonomi Islam, Keuangan Publik Islam, Ekonomi Moneter Islam, Ekonomi Pembangunan Islam, Ekonomi Keuangan Islam, dah pokoknya banyak deh yang pasti bakal seru banget belajar di prodi ini karena selain nambah ilmu dunia, juga nambah ilmu agama hiya hiyaa

Peluang kerja?

Hooo jangan salah, sektor syariah lagi berkembang banget di zaman sekarang ini. Bisa dilihat dari banyaknya perbankan syariah, asuransi syariah, pasar modal syariah, dan juga ada Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah :3 banyak juga yang di luar bidang ekonomi tapi masih syariah, kayak hotel syariah, halal food, wisata halal, dll.

Lingkungannya kayak gimana sih di sana?

Pasti kalian langsung mikir “hmm, prodi Islam, mahasiswanya pasti ughtea akhi semua nih”. Enggak guys, tidak. Memang kebanyakan dari mahasiswa prodi Islam pada umumnya berpakaian syariah, kuliahnya pake gamis, rok, kerudung syari, tapi dari kita juga masih ada kok yang pakaiannya biasa aja, yaa pake jeans, kaosan, bahkan ada yang ga pake kerudung. Makanya, buat kalian yang udah jiper duluan untuk masuk ke jurusan ini tapi merasa kurang syariah, ga usah takut lagi karna pada kenyataannya ga semua kayak gitu. Preferensi orang kan berbeda-beda, dan di sini rasa toleransinya besar banget! Jangan mikir kalo yang ga krudungan ga bisa temenan sama yang ukhti-ukhti yaa! Selain itu, memang mahasiswa prodi Islam mostly ngikutin kepanitiaan dan organisasi Islam, tapi beberapa dari kita ada juga loh yang ikutan organisasi perfilman, nyanyi, nari, kepanitiaan musik, band, dan lainnya! Jadi, sekali lagi nih bapa bapa ibu ibu, jurusan kita gak se-strict itu kokkzz!!

 

Kualitas dosen?

Guys, trust me, dosen-dosen IEI BI (Ilmu Ekonomi Islam dan Bisnis Islam) gak kalah keren sama dosen-dosen dari jurusan lain di Fakultas Ekonomi UI! Kita punya Ust. Thuba Jazil yang masya Allah kalo ngajar udah kayak denger dakwah, Bu Tika Arundina dosen yang cantik dan super enak ngejelasin ketika ngasih materi, Pak Soleh Nurzaman (Pak Deden) yang kalo lagi kelas udah kayak dengerin pembicara di seminar, Pak Banu Muhammad favorit anak IEIBI, dan masih banyakkk dosen kece lainnya!

Sekilas tentang hari-hari Cipa selama menjadi mahasiswa IEI di FEB UI hingga sekarang

Sebelum semester 5 which is sebelum ada Covid-19, kehidupan kampus tuh super duper sibuk dan seru bangetbanget. Selain banyak ikut kepanitiaan dan organisasi, di FEB UI sering banget yang namanya ngadain seminar! Gak cuma gratis, seminar-seminar ini suka ngasih makan siang kayak KFC, Hokben, Eatlah, dan kadang juga ada totebag yang isinya pulpen, notes, cemilan. Udah gratis, dapet banyak pula. Di semester 2, IEIBI ada makrab. Ini kegiatan nonformal yang rutin diadakan cuma sekali di tiap angkatan. Acaranya yaa nginep di suatu villa, adain games seru, tuker kado, dan baca-bacain surat rahasia dari gform yang udah diisi sama anak2 ieibi sebelum hari H makrab (ini di angkatan gue kayak begini guys). Terusss, pernah juga ikutan jadi pengawas try out SBMPTN yang diadain sama TROFI (salah satu kepanitiaan FEB UI), ya walaupun ga ada fee, tapi tetep seneng karna bisa jadi kakak ala-ala pengawas gitu dechhh wkwkwk.

(Note: since banyak yang nanya ke aku beda dari kepanitiaan dan organisasi tu apa, so here's the answer: kepanitiaan itu hanya 1x acara, habis itu udah selesai, biasanya cuma 3-6bulanan menjelang acara. Kalo organisasi, ada kontraknya selama satu tahun. Dan kalo di FEBUI, satu-satunya organisasi yang bisa didaftarin waktu masih mahasiswa baru adalah SNF, Sekolah Non Formal. Organisasi lainnya menyusul bisa daftar ketika kalian semester 2 yahhh)

Waktu semester 1, takuuut banget sama yang namanya ga punya temen. Tapi seiring berjalannya waktu, alhamdulillah nemu banyak temen bahkan bisa beradaptasi sama beberapa peer group. Sampe saat ini, ga nyangka bisa punya banyak temen. Kadang mikir, apa mungkin rasa nyaman dalam berteman ini muncul karena faktor jurusan juga, ya? Dengan tujuan dan prinsip anak-anak IEIBI yang hampir sama semua, semua orang seakan jadi punya perilaku baik, kayak suka banget tuh anak IEIBI yang namanya tolong menolong, ngajarin kalo ada yang ga ngerti, sharing catetan satu sama lain, kasih info penting tentang kisi-kisi ujian atau soal ujian tahun lalu, pokoknya jarang banget nemuin keegoisan di sini! Orang-orangnya supportive dan jauh dari rasa iri dengki (ga lebay tapi ini yang gue rasakan hehehe).

Kalo kalian masih bingung buat cari tau lebih banyak tentang UI, apalagi FEB, apalagi jurusan IEIBI, contact me please through my personal instargam @syifadymis ! Semangat terus ya kalian!!


"Bila kamu tak tahan penatnya belajar, maka kamu akan menanggung perihnya kebodohan"

-Imam Asy-Syafi'ie

 Referensi

https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/05/06/mmczhe-ui-luncurkan-prodi-ilmu-ekonomi-islam-dan-bisnis-islam

https://www.youtube.com/watch?v=U8mMTnUL1ZY

aq dan teman2 q di smt 3 hihi
mata kuliah IEI


ini waktu salah satunya ngadain open house buat IEIBI 1 angkatan

semester 4 yuhuu

nah ini IEIBI 2017
another gank, asekloh


mini studo di FEB UI by NFF

makrab cihuy

jadi pengawas TO SBM check




Comments

Popular Posts